Wisata

7 Tempat di Pulau Belitung yang Wajib di Kunjungi

PULAU BELITUNG

Kalau kalian pernah menonton film laskar pelangi, di Pulau Belitung inilah cerita aslinya terjadi. Nama pulau Belitung memang mulai beken saat cerita tentang anak Belitung itu dijadikan film. Bahkan sampai sekarang replika bangunan SD Muhammadiyah Gantong masih berdiri tegak dan sudah menjadi salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi di Belitung.

Kalau menurut legenda Pulau Belitung sebenarnya bagian dari Pulau Bali yang terpisah kemudian terbawa arus sampai ke letaknya yang sekarang. Ada juga legenda lain yang menyebutkan bahwa nama Belitung sebenarnya adalah nama seorang Raja di zaman kerajaan Mataram yaitu Rake Watukura Dyah Belitung.

Namun ada satu cerita yang lebih masuk akal. Nama Belitung sebenarnya di ambil dari nama salah satu jenis siput. Sekarang siput itu terkenal dengan sebutan Siput Belitung. Nama ilmiahnya Terebralia sulcata. Siput ini sekarang jadi salah satu makanan favorit di Singapura.

Belitung sendiri sebetulnya bagian dari provinsi Bangka Belitung. Dan ada beberapa pulau di sekitarnya yaitu antara lain :

 

Pulau Lengkuas

Ini dia pulau yang memukau wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Turis yang datang tidak akan melewatkan kesempatan untuk menyelam atau snorkeling. Di bawah airnya kamu bisa menemukan bangkai kapal laut yang sekarang sudah di tembuhi terumbu karang.

Oh ya, kalau berkunjung ke Pulau Lengkuas jangan lupa berkunjung ke mercusuar ya. Mercusuar ini suda berdiri sejak tahun 1882.

Pulau Burung

Jelas saja dinamai Pulau Burung, sebab di pulau ini ada bongkahan besar batu granit yang sepintas terlihat seperti kepala burung. Pulau Burung sendiri merupakan pulau yang sangat kecil yang hanya berisi bebatuan granit saja.

Pulau Kepayang

Lokasi pulau ini paling dekat dengan Pulau Lengkuas. Kalau dilihat sekilas sepertinya tidak ada kehiduan di sana karena tertutup oleh pepohonan rimbun. Namun Sebenarnya di dalam Pulau Kepayang sekarang sudah ada penginapan juga.

Penangkaran penyu di Pulau Kepayang juga cukup terkenal. Kita bisa bebas bermain-main dengan penyu-penyu imut. Kalau waktunya tepat, kita juga bisa melihat penyu-penyu itu dilepaskan ke laut lepas.

Pulau Pasir

Nah, pulau yang satu ini jelas tidak berpenghuni karena isinya memang hanya pasir saja. Walaupun begitu kecantikannya tetap saja luar biasa.

Pulau Batu Berlayar

Seperti Kebanyakan pulau di Belitung, pulau ini juga terbentuk dari batu-batu granit. Uniknya di pulau ini berdiri dua batu granit yang bentuknya seperti layar kapal.

PN Timah

Dalam cerita Laskar Pelangi disebutkan bahwa dahulu Belitungkaya akan timah. Perusahaan Pn Timah menjadi perusahaan tambang terbesar di sana. Namu karena timahnya sekarang sudah habis, perusahaan itu juga ikut mengakhiri operasinya di Belitung dan menyisakan kantor dan gudang saja.

Pantai Tanjung Tinggi

Ini dia pantai yang paling popular di Pulau Bangka. Kenapa? Karena pantai ini terkenal sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai tanjung tinggi ini memang sangat cantik. Dipenuhi dengan batu-batu besar, pengunjungnyapun bisa bebas berenang dengan tenang di sini.

Karena Belitung termasuk pulau kecil jadi dalam sehari kamu bisa mengunjunginya lebih dari satu pantai. Tidak Cuma Pantai Tanjung Tinggi yang menarik. Ada juga Pantai Tanjung Kalayang, Tanjung Binga dan Pantai Penyabong.

7 Tempat di Pulau Belitung yang Wajib di Kunjungi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: