Wisata

Pesona Wisata Kepulauan Anambas

Hmm… Jujur saja, Kepulauan Anambas tidak begitu tekenal di Indonesia. Justru wisatawan asinglah yang menjadikan Anambas sebagai tempat favorit liburan mereka.

Kepulauan Anambas adalah salah satu pulau terluar Indonesia. Wilayah kepulauan yang termasuk Provinsi Riau ini perbatasan langsung dengan Malaysia. Letaknya malah lebih dekat ke Malaysia disbanding Pulau Sumatera.

Dahulu kepulauan Anambas merupakan bagian dari Kabupaten Natuna, tetapi sejak tahun 2009 lalu pulau ini berdiri sendiri dan membentuk kabupaten bernama Kabupaten Kepulauan Anambas.

Setidaknya ada empat pulau besar yang masuk gugus wilayah Kepulauan Anambas antara lain Pulau Jemaja, Matak, Siantan dan Mubur, Itu belum termasuk pulau-pulau kecil, seperti Pulau Tokong Berlayar, Tokong Nenas, Tokong Malang Biru, Damar, dan Mangkai yang luasnya paling besar Cuma tiga kilometer.

Total ada lebih dari 200 pulau kecil masuk ke dalam wilayah Kepulauan Anambas ini, cukup banyak bukan?
Pengalaman orang-rang yang pernah ke Anambas, mereka harus melalui Sembilan jam pelayaran dari  pulau Batam ke Terempa (orang-orang biasa menyebutnya tarempa), ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas. Itu juga menggunakan kapal cepat! Kalau pakai kapal ferry butuh waktu berapa hari ya?

Namun, sekarang sudah ada penerbangan ke Pulau Matak dari Batam atau Tanjung Pinang, Bangka Belitung. Dari Batam atau tanjung pinang kita pindah ke pesawat lebih kecil untuk terbang ke Bandara Matak. Dari pulau Matak perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal laut ke Pulau Anambas.

Oh ya, bandara di Pulau Matak ini juga termasuk unik, lho! Tidak seperti kebanyakan bandara yang dioperasikan oleh Angkasa Pura, Bandara Matak justru dioperasikan oleh salah satu perusahaan minyak yang beroperasi di sekitar Kepulauan Anambas.

Tempat Wisata

Nah, ini dia yang paling khas dari Kepulauan Anambas, yaitu tempat wisatanya. Walau bias dibilang kepulauan ini adalah tempat yang terpencil, keindahan pantai dan bawah lautnya benar-benar menarik hati.

Satu kegiatan wisata yang paling di rekomendasikan bagi mereka yang ingin berkunjung ke sini adalah mengunjungi laguna.

Laguna adalah sebuah danau air asin yang berada di sebuah pulau. Biasanya ada karang-karang besar yang menjadi pembatas antara laguna dengan laut lepas. Di anambas sendiri kita akan bisa menemukan laguna-laguna indah di beberapa pulau seperti Pulau Penjalin, Pulau Bawah, dan Pulau Selat Rangsang.

Pulau Durai

Pulau yang satu ini terkenal dengan pusat penangkaran penyu. Jika beruntung, di sore hari kiya bisa melihat kawanan penyu betina yang naik dari laut lepas ke pantai untuk menyimpan telur-telur mereka.

Pulau Bawah

Pulau in di kenal sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Di sekitar pulau ini ada gugusan pulau-pulau yang amat kecil dan indah seperti Pulau Sanggah Elang, Merba dan Lidi. Nah, pulau-pulau inilah yang mengelilingi laguna yang terkenal indah.

Pantai PenjalinSesuai namanya, pantai ini berada di Pulau Penjalin. Untuk ke pulau ini, kita harus menyebrang dari Tarema kurang lebih dua jam. Pantainya belum banyak di jamah orang jadi sangat bersih dan kalian pasti tidak akan menyesal jauh-jau kesana.

Kekurangan dari Kepulauan Anambas adalah jika kita ingin menikmati seluruh keindahan yang ada di sini, rasanya tidak cukup hanya seminggu. Sebenarnya kepulauan ini tidak begitu luas, hanya saja banyaknya pulau yang harus di kunjungi membutuhkan waktu yang agak lama untuk melihat semuanya.

Pantai Tanjung Momong

Kalau pantai yang satu ini terletak di dekat Kota Tarempa di Pulau Siantan. Airnya jernih, pasirnya putih, dengan terumbu karang yang masih belum banyak dijamah manusia, pas banget dibuat dijadikan lokasi snorkeling.

Tambang

Sejak lama Kepulauan Anambas sudah terkenal sebagai salah satu penghasil gas alam cair ini banyak di gunakan menjadi bahan bakar alternatif atau bisa di kenal dengan sebutan LNG (Liquefied Natural Gas) yang sangat ramah lingkungan. Bus Trans Jakarta adalah contoh alat transportasi yang menggunakan bahan bakar gas.

Flora

Namanya juga wilayah kepulauan, sudah pasti yang jadi ciri kas adalah dataran pantainya. Sebagian besar wilayah pantai di Kepulauan Anambas di tumbuhi tanaman bakau, atau nama bekennya pohon mangrove. Pohon yang termasuk tanaman liar ini sangat berguna untuk menahan erosi di pantai.

Fauna

Keragaman hewan laut di Kepulauan Ananbas jelas tidak di ragukan lagi. Dari penelitian terbaru telah ditemukan setidaknya 18 jenis ikan karang yang hidup di sekitar Kepulauan Anambas. Populasi terbesar adalah ikan dari jenis Pomacentrus lepidogenys.

Mie Terempa

Berbagai macam makanan di kepulauan ini banyak di pengaruhi oleh makanan Melayu. Mekanan yang paling kas dan harus di coba oleh para turis adalah mie Terempa. Mie Terempa ini adalah mie goreng yang dicampur dengan kecambah, potongan ikan laut, dengan rasa pedas. Hmm.. mambayangkan saja bikin perut kelaparan.

Nasi Dagang

Ini bukan orang yang berdagang nasi. Nasi dagang sebenarnya adalah nasi lemak atau kalau di pulau jawa kita mengenalnya dengan nama nasi uduk. Bedanya lauk dalam nasi dagang ini berupa ikan laut yang digulai dan dibungkus dengan daun pisang.

 

 

 

Pesona Wisata Kepulauan Anambas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: