Blogging

Memahami Niche Blog Sebagai Langkah Awal Ngeblog

Benso.id – Bagi seorang blogger pemula hal pertama yang selalu dibingunkan adalah menentukan niche blog. Awalnya blogger pemula ingin mengambil niche wisata, namun setelah beberapa lama dan bosan, lalu ganti niche lainnya.

Setelah ganti niche blog, bosan lagi dan ganti lagi. Begitu seterusnya. Begitulah problematika jika niche blog tidak dipahami terlebih dulu sebelum terjun ke dunia blogging. Alhasil bukan kesuksesan yang dicapai, tapi justru ketidakkonsistenan diri sendiri.

Karenanya untuk menjawab kegelisahan para blogger pemula, mula-mula yang harus dipahami sebelum ngeblog adalah niche blog. Bukan bagaimana cara mendapatkan uang atau memperkaya diri dari adsense, bukan. Itu nomor sekian, dan yang pertama yang harus dipahami adalah apa itu niche blog dan bagaimana polanya.

Apa itu niche blog?

Niche blog adalah topik suatu blog yang akan dibahas, atau dalam makna lain spesifikasi tema besar yang akan dibahas di blognya nanti. Itulah definisi sederhana tentang niche blog.

Secara sifat, niche blog dibagi menjadi dua, yakni meluas dan mendalam.

Niche blog meluas adalah niche/topik blog yang membahas tentang tema yang sifatnya meluas. Seperti berita, wisata, tips dan trik atau hal-hal lain yang lingkupnya meluas.

Sedangkan niche blog mendalam adalah niche blog yang membahas satu hal dan itu spesifik. Seperti tutorial, atau tema-teman spesifik yang mengharuskan penulis untuk mengulasnya secara tuntas sampai ke akar-akarnya.

Secara jenis niche blog terbagi menjadi 4, yaitu berita, tutorial, reflektif, sastra dan spesifik.

Niche blog jenis berita adalah niche yang menyajikan informasi-informasi terkini, terupdate, baik itu skala lokal, nasional atau internasional. Contoh blog dengan niche ini adalah Kompas, Detik, Tempo, Viva dan lain-lain.

Kelebihan dari jenis niche berita adalah kita bisa mengulas apa saja yang lagi trending topic, banyak dibicarakan orang atau sedang musih-musimnya. Namun dilain sisi kalau kita ketinggalan berita atau berita yang sudah lama, itu akan menjadi basi dan tidak relevan jika dibaca.

Niche blog jenis tutorial adalah niche yang menyajikan informasi tentang melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah. Contoh niche tutorial yang paling populer dalam dunia blog adalah Sugeng.id, Panduan IM, atau Blogodolar dan lain-lain. Semua blog yang di dalamnya mengulas tutorial, maka masuk jenis niche ini.

Kelebihan dari niche tutorial adalah konten yang disajikan bersifat abadi. Artinya dibaca sekarang dan nanti pun tidak akan basi layaknya berita. Namun bila dalam memberikan tutorial kita hanya setengah-setengah, tentu akan dijauhi pembaca. Sebab niche tutorial harus menyajikan tutorial selengkap dan sejelas mungkin. Maka tak heran jika blog Sugeng.id atau Panduan IM kontennya selalu panjang dan lengkap.

Niche blog jenis reflektif dalam niche yang sangat bersifat subjektif. Pasalnya niche ini sangat bergantung pada individu masing-masing. Sederhananya adalah niche blog jenis reflektif itu niche yang cenderung menuangkan gagasan pemikiran si penulis.

Bila boleh dikatakan sebetulnya niche blog reflektif ini cenderung seperti curhat pribadi, opini atau selainnya. Contoh konkrit niche blog reflektif adalah blognya Agus Mulyadi. Silahkan cek sendiri.

Niche blog jenis sastra adalah niche blog yang di dalamnya terkumpul karya-karya sastra, baik itu klasik atau modern. Biasanya niche blog jenis sastra ini lebih cenderung memenuhi blognya dengan sastra lama, seperti puisi, pantun, atau mungkin cerpen dan resensi suatu karya sastra.

Niche blog jenis spesifik adalah niche blog yang mengulas tentang hal-hal yang bersifat micro. Seperti blog yang membahas khusus Adsense saja, atau blog yang membahas soal internet marketing saja.

Pola penyampaian niche spesifik ini beragam. Kadang bisa dengan tutorial jika memang mengharuskan tutorial, kadang juga data-data terkini atau kritik pribadi. Yang pasti niche blog yang satu ini benar-benar mendalam dan spesifik.

Nah setelah paham peta niche blog ini, langkah bagi blogger pemula adalah mencari mana saja niche blog yang sesuai dengan kemampuan dirinya, sesuai dengan kapasistas pengetahuannya. Dengan demikian blog yang akan terbangun lebih jelas, mudah di kelola dan tak terlalu berat jika harus up date setiap hari.

Good luck!

Memahami Niche Blog Sebagai Langkah Awal Ngeblog
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: