Blogging

3 Faktor Penting dalam Memilih Niche Blog

Benso.id – Usai memahami pola struksur niche blog, langlah selanjutnya pagi seorang blogger pemula bukanlan menyiapkan domain dan hosting yang berkualitas,melainkan menentukan niche blog yang akan dipilih. 

Secara umum banyak blogger pemula yang masih kebingungan memilih niche blog. Ada yang menjadikan popularitas sebagai acuan, ada juga yang atas dasar ikut-ikutan. Alhasil jika dasar pijaknya demikian tentu hasil blog yang akan dibangun tidak akan maksimal dan sulit berkembang.

Dari berbagai petuah dan nasehat dari pakar blogger terkemuka, setidaknya ada 3 faktor penting yang harus diperhatikan untuk menentukan niche blog. Ketiga faktor ini memiliki dua kaitan yang tidak bisa dipisahkan. 

Pertama, kaitan dengan individu atau penulis, kedua kaitan dengan faktor eksternal.


Berikut adalah 3 faktor dalam memilih niche blog bagi blogger pemula.


Potensi Personal

 
Faktor yang pertama bersifat personal atau lebih tepatnya internal. Melirik kemampuan diri, bakat, atau hobi adalah hal yang harus didahulukan. Pasalnya tak sedikit orang sukses yang berangkat dari kesenangan diri sendiri.

Karenanya dengan mempertimbangkan bakat apa yang kita miliki, atau pengetahuan apa yang paling dominan dalam diri kita, itu bisa dijadikan alasan utama untuk menentukan niche blog. Misalnya saja seorang dokter yang ingin membuat blog, tentu niche yang paling sesuai dengan dirinya adalah dunia kedokteran, khususnya spesialis yang dia ambil.

Jika sudah demikian, blog yang akan dibangun akan lebih relevan dengan latar belakang pengetahuan, pengalaman, hobi atau kesukaan personal masing masing.
 

Pasar Pembaca

Menentukan target pembaca juga menjadi faktor utama dalam menentukan niche blog. Ketika target pasar sudah ditentukan, selanjutnya adalah melihat daya saing, apakah ada banyak pesaing yang berkompeten atau tidak. 

Dengan langkah-langkah tersebut, blog kita akan lebih mulus dalam mencari pembaca. Tak perlu jauh-jauh dalan mencari contoh, mari kita ambil saja dunia blog. Di dunia blog sudah sangat banyak para blogger yang mengulas tentang dunia blog itu sendiri, baik dari segi tutorial, cara memanfaatkan blog dan lain sebagainya. 

Sehingga dari banyaknya pesain, akan muncul statistiknya. Apakah jika saya ikut terjun akan banyak peluang atau justru akan tenggelam. Hasil dari statistik inilah yang penting, sebab jangan sampai blogger pemula terjun ke dalam niche yang sudah sesak akan para mastah.

So, carilah niche blog yang banyak pasarnya, namun sedikit pesaingnya. 

Tentukan Jangka Blog 

Hal yang paling krusial dalam menentukan niche blog adalah menentukan jangka panjang atau jangka pendek. Jangan dikira semua niche blog itu berjangka panjang semua, ada juga beberapa niche blog yang memiliki jangka pendek. 

Salah satu nilai menentukan jangka niche adalah kita bisa menyusun artikel yang akan disajikan. Misalnya saja niche tutorial. Niche tutorial adalah niche jangka pendek. Pasalnya jika tutorialnya sudah tersampaikan semua, maka disitulah kita akan berhenti menulis. 

Nah di niche jangka pendek semacam tutorial ini perlu adanya penyusunan artikel yang akan disampaikan. Seperti halnya tutorial, maka kita harus menyusun artikel secara runtut dan sistemtis, dari A sampai Z, dan tidak boleh ada yang acak. 

Tujuan sistematisasi artikel ini adalah agar pembaca lebih mudah memahami tentang materi yang kita sampaikan. Berbeda jika kita mengambil jangka panjang, sistematisasi pada artikel tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya saja tentang kuliner. 

Maka kita hanya mengulas apa yang kita ingin ulas saja, karena tidak ada tuntutan untuk mengulas secara runtut atau sistemati. Namun dalam niche jangka panjang ini kita diharuskan untuk konsisten menyajikan halhal yang baru, alias up date.

Itulah 3 faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih niche blog. Niche blog dalam dunia blogging disebut sebagai identitas diri. Apa identitas blog kita, itu ditentukan oleh 3 faktor penting di atas. Semoga dengan adanya pemahaman tentang niche blog kita bisa lebih dewasa salam menjadi blogger.

3 Faktor Penting dalam Memilih Niche Blog
2 Comments

2 Comments

  1. ibrahim

    April 10, 2017 at 8:15 am

    betul sekali dan pas sekali ulasannya, saya sangat berterima kasih. niche blog itu memang sangat penting ya mas, tapi kalau untuk blog saya yang gado-gado gimana itu ya

  2. sukandar

    November 20, 2017 at 3:00 pm

    dah datang gan salam balik http://www.sukandar.online

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: