Kuliner

12 Makanan dan Minuman Khas Kota Bandung

BATAGOR

Batagor adalah makanan khas dari Bandung Singkatan dari batagor itu sendir adalah bakso tahu goreng. Batagor terbuat dari tahu yang diisi dengan canpuran aci ( tepung tapioka) dan daging ikan tenggiri (wahoo). Selain itu tuna, makeral dan udang juga dapat digunakan untuk mebuat batagor.

Sama seperti siomay, batagor juga di lengkapi kubis, kentang, labu pahit dan tahu yang dimasak dengan cara dikukus, setelah itu batagor dipotong sesuai ukuran dan disajikan panas-panas, dengan bumbu kacang yang sangat pedas dan kecap manis kental serta sedikit air jeruk nipis.

 

SIOMAY

Siomay merupakan salah satu jenis kuliner Indonesia yang di adaptasi dari jenis kuliner china. Ada sedikit kemiripan dengan dim sum China yang terkenal itu. Diindonesia sendiri siomay lebih dikenal sebagai kuliner khas bandung.

Siomay terbuat dari aci (tepung tapioka) dan ikan yang diberi bumbu dan kemudian dikukus. Untuk isi, mulai dari ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.

Simay biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap, diantaranya kubis, telur rebus, kol, tahu dan kentang. Sebelum di sajikan sebaiknya siomay dan bahan pelengkap lainnya agar dikukus supaya nantinya sebelum dimakan dalam kondisi hangat.

Siomay umumnya di hidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengann air. Sewaktu disajikan siomay juga bisa ditambahkan kecap manis, sambal botol dan perasan jeruk limau.

 

COLENAK

Nama yang unik untuk sebuah makanan. Tidak hanya namanya, rasa tercipta juga memberikan cita rasa khas dan special.

Colenak adalah singkatan dari “dicocol enak” yaitu makanan yang terbuat dari peuyeum (tape singkong). Yang dibakar atas arang kemudian ditaburi dengan gula merah dan kelapa parut. Cemilan ini memberikan kenikmatan tersendiri disetiap gigitan.

Makanan khas Bandung yang tetap bertahan meski sekarang ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula didalam tape, maka tape tersebut mudah gosong dan bagian inilah yang terenak bagi beberapa orang.

Colenak kalah pamor dengan jajanan yang ada di kota, tetapi tidak sedikit yang tetap mencari panganan tradisional ini. Walau sederhana, semua kehahalan colekan terus diperhatikan supaya saat dicocol terasa makin enak.

Konon panganan tradisional yang unik ini telah dikenal oleh penduduk oleh penduduk kota Bandung sejak awal abad ke-20.

 

MIE KOCOK

Mie kocok adalah hidangan mie khas kota Bandung. Terdiri atas mie kuning yang direbus serta dikocok, ditambah toge, urat atau kiikil sapi, bakso sapi, daun bawang, bawang goreng serta jeruk nipis, disajikan didalam kuah panas dari kaldu sapi yang terlihat banyak lemah, tulang  dan sumsum sapi serta diberi toping potongan kikil kecil.

 

SERABI

Serabi atau surabi merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dibandung, serta memiliki cita rasa yang unik dan gurih. Serabi sangat popular di Bandung, tepatnya disetiabudi arah jalan menuju Lembang.

Serabi terbuat dari tepung beras, pandan, vanilla, gula, santan kelapa dan garam serta diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Istimewanya, tepung beras ditumbuk secara tradisional agar rasa gurihnya tetap terjaga.

Serabi dibakar dengan menggunakan alat tradisional yaitu tungku dan cetakan khusus dari tanah liat. Serabi ini memiliki banyak rasa, diantaranya : Serabi isi telur, sosis, ayam, oncom atau Serabi manis dengan gula kelapa dan lain-lain. Rasa yang dianggap paling original khas Sunda yaitu Serabi oncom ada 2 macam yaitu:

1. Serabi manis adalah serabi yang berwarna hijau dan dibanjiri dengan cairan gula aren yang berwarna coklat.

2. Serabi asin adalah Serabi yang berwarna putih dan bercorak kebakar dibawahnya biasanya serabi asin nikmat bila disantap dengan kerupuk aci.

 

PEUYEUM BANDUNG

Bandung merupakan kota wisata kuliner, peuyeum Bandung merupakan makanan khas Bandung yang terkenal sejak dulu.

Peuyeum atau tape singkong adalah makanan khas Kota Bandung yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alcohol. Peuyeum iini dibuat dari singkong yang difermentasikan. Peuyeum tidak sama dengan tape singkong, kalau peuyeum lebih kering dari pada tape.

Hal ini dikarenakan perbedaan dala proses pembuatan dan penyimpanannya. Peuyeum dengan kualitas bagus yaitu peuyeum yang baunya dan rasa enak, manis dan asam. Peuyeum dapat ditemukan di toko oleh-oleh khas Bandung seperti disekitar Terminal Leuwi Panjang, di Pasar Baru dan dipasar tradisional.

 

NASI TIMBEL

Nasi timbel adalah masakan tradisional khas sunda, Bandung Jawa Barat. Makanan ini layak dicoba sebagai makanan untuk kuliner.

Nasi timbel adalag nasi putih biasa yan di bungkus  dengan daun pisang dan dikukus langsung. Karena di bungkus daun pisang maka akan menimbulkan aroma nasi yang khas dan menggoda selera.

Nasi timbel ini disajikan dengan lauk pauk seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng atau bakar, gepuk, ikan asin, sayur asin, sambal dan lalapan seperti terong bulat, selada, kemangi, mentimun atau kol mentah yang di potong-potong kecil dan lain-lain.

 

TUTUG ONCOM

Nasi tutug oncom khas Sunda ini mulai sulit didapatkan di beberapa daerah. Dalam bahasa Sunda nasi tutug oncom sering di singkat nasi T.O. Nasi tutug oncom adalah makanan yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar.

Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat dengan sedikit bawang goreng, irisan telur dadar, sambel terasi, lalapan, serta ikan asin goreng.

 

GEPUK

Gepuk merupakan salah satu kuliner yang banyak dicari oleh para pelancong yang datang ke Bandung. Gepuk adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari daging sapi, bercita rasa sedikit manis dan gurih.

Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi yang dipotong searah dengan serat daging lalu diracik dan direbus setengah matang, kemudian dipukul-pukul sampai agak empuk sehingga menghasilkan gepuk/empat yang lezat dan tidak alot.

Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang terdiri dari bawang merah, kemiri, gula merah, garam dan sebagainya dicampur dengan santan kemudian direbus kembali hingga santan menyusut.

Untuk disajikan, gorenglah gepuk dan sajikan gepuk dengan sedikit berminyak hingga kecoklatan dan angkat. Taburi gepuk dengan bawang goreng dan akan lebih nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi khas Sunda.

 

BANDREK & BAJIGUR

Minuman ini sering dihidangkan bersama pisang rebus, ubi rebus ataupun kacang rebus.

Bandrek dan bajigur merupakan minuman khas Priangan yang terbuat dari gula aren dan rempah-rempah. Untuk bajigur bahan utamanya ditambahi kopi sama santan. Minuman ini paling enak diminum selagi panas dan hangat karena umumnya untuk menghangatkan tubuh/badan disaat cuaca dingin ataupun malam hari.

Bandrek bisa juga mampu menyembuhkan seperti penyakit ringan yaitu sakit tenggorokan. Bandrek juga lebih suka di minum oleh orang dewasa ketimbang anak-anak, adapun anak-anak yang minum bandrek tapi porsinya tidak sebanyak untuk orang dewasa di karenakan efek panasnya.

 

CIREG

Cireg merupakan nama unik dari makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda, yaitu Aci Di Goreng dan cara makannya yaitu di cocol sama saos.

Bahan utama cireg adalah tepung kanji, kedelai dan tepung terigu yang dicampur dengan air, garam, daun bawang, merica bubuk, bawang putih serta minyak goreng.

Makanan ini sangat popular du bumu priangan, serta dijual dengan beragam bentuk serta variasi rasa. Rasa cireg ada berbagai macam seperti rasa keju, kornet, oncom, sosis, kacang, bakso, daging ayam, daging sapid an lain-lain.

 

ES DOGER

Es doger adalah minuman khas Bandung. Minuman ini terbuat dari santan, es serut, sirup, pacar Cina merah delima (red tapioka mutiara), alpukat, tapai singkong, tapai ketan hitam, nangka, potong dadu roti dan susu kental.

Di kota-kota besar di Indonesia terutama di Bandung, Jakarta, Malang dan Surabaya pada umumnya pada pedagang Es doger menjual dengan menggunakan gerobak.

12 Makanan dan Minuman Khas Kota Bandung
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: